Penambangan Permata

Penambangan Permata – Siapa yang tidak tahu dengan yang namanya permata. Salah satu perhiasan yang termahal di dunia karena bentuk serta kualitasnya yang sangat baik, sehingga diminati oleh banyak orang.

Permata sendiri merupakan jenis batuan mineral yang terbentuk melalui proses geologi. Batu permata sendiri terdiri dari satu atau beberapa komponen kimia yang diantara adalah mineral serta berbagai jenis bahan yang berada di lapisan bumi.

Permata sendiri mempunyai harga jual yang sangat tinggi dibandingkan dengan perhiasan yang lainnya, seperti emas, perak , maupun perunggu. Selain itu banyak sekali kolektor di dunia yang sangat menyukai batu permata.

Batu permata sendiri tidak bisa terbentuk di banyak daerah. Karena untuk menghasilkan permata, daerah tersebut harus memiliki karakteristik khusus. Diantara syarat atau karakteristik tersebut diantaranya adalah seperti ketahanan daerah tersebut, keindahan tempat pernghasil batu permata, serta kelangkaan.

Kelangkaan yang dimaksudkan adalah bagaimana tempat tersebut bisa menghasilkan sebuah batuan yang mempunyai tekstur yang kuat dan tahan terhadap retakan.

Di Indonesia sendiri sangat banyak daerah yang menghasilkan permata, diantaranya adalah provinsi Nanggoro Aceh Darussalam Dan Padang, Sumatra Barat, Banten, serta Kalimantan.

Mengapa daerah – daerah tersebut banyak sekali penghasil batu permata, karena lokasi geografis yang sangat strategis serta daerah yang kaya akan sumber daya alamnya yang berupa mineral sebagai pembentuk batuan tersebut.

Dan untuk permata sendiri mempunyai harga jual yang tinggi dikarenakan proses penambangannya yang sulit serta ketersediaan di alam yang sangat langka. Dan juga pada saat proses penambangannya menguras seluruh tenaga.

Karena batuan permata sendiri mempunyai sifat yang kuat dan susah untuk dihancurkan. Batu permata sendiri biasanya dibuat sebagai perhiasan seperti kalung, cincin pernikahan, hiasan pada gelang, furnitur pada rumah, serta untuk aksesoris seperti jam tangan.

Permata sendiri diambil dari pertambangan berkualitas, itulah mengapa harganya sangat mahal. Selain karena penambangannya yang sangat langka, untuk membuatnya menjadi sebuah perhiasan pun sangatlah rumit.

Untuk meleburnya sendiri, permata membutuhkan suhu hingga mencapai 1000 derajat satuan celcius, karena sifat permata yang sangat keras sehingga membutuhkan proses peleburan dengan suhu yang sangat tinggi.

Dan hati – hati apabila anda membeli sebuah permata yang berkualitas, karena kualitas sebuah permata mempengaruhi harga jualnya. Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah.

Bisa jadi harga yang murah menjadikan permata tersebut palsu, untuk mengecek apakah permata yang dibeli asli atau palsu bisa menggunakan alat yang bernama hardness tester guna mengecek apakah permata tersebut keras dan padat kekuatannya.

Jangan sampai tertipu dengan barang yang mirip dengan sebuah permata yang asli. Dan pastikan membeli sebuah permata pada toko yang sudah terpercaya oleh masyarakat serta mempunyai sertifikat tentang permata atau perhiasan.