Pengertian Kemiskinan

Setiap individu yang bernyawa tentu tidak ingin mengalami hidup dalam kemiskinan, dimana disaat kita memerlukan sesuatu kita tidak bisa memperolehnya. Kemiskinan terkadang membuat seseorang menjadi putus asa dan cenderung tertutup.

Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Tapi jika kita lihat sekarang ini, ada begitu banyak orang sukses menjadi artis, entertaiment, pelawan, pembinis dan lainya. Padahal hidup mereka saat itu pernah hidup miskin dan menjadi pengemis.

Pada postingan ini saya ingin jelaskan mengenai definisi dari kemiskinan yang ada dalam suatu masyarakat.

Pengertian Kemiskinan Secara Umum

Apabila dilihat secara umum pengertian kemiskinan didefinisikan sebagai suatu ketidakmampuan secara ekonomi dalam memenuhi standar hidup rata-rata di suatu wilayah tertentu.

Ketidakmampuan yang dimaksud disini tidak memenuhi kebutaha seperti sandang, pangan dan papan. Tapi hal ini juga mempengaruhi faktor lainya seperti kesehatan dan pendidikan.

Pengertiaan Kemiskinan Menurut Pendapat Ahli

Adapun pengertian kemiskinan menurut pendapat ahli bisa anda lihat pada penjelasan berikut ini.

1. Menurut Kuncoro

Pengertian kemiskinan menurut kuncoro (1997 : 101 – 103) adalah ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan standar hidup minimun.

2. Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian kemiskinan menurut ahli selanjutnya dikemukakan oleh soerjono soekanto. Menurut beliau kemiskinan ialah suatu keadaan seseorang yang tidak mampu memelihara dirinya sendiri, sesuai standar kehidupan kelompok serta tidak mampu memanfaatkan tenaga fisik atau mental dalam kelompok tersebut.

3. Menurut Suparlan

Menurut pendapat suparlan kemiskinan merupakan stadar hidup yang kecil karena tidak memiliki materi sekelompok orang bilang dibandingkan dengan standar kehidupan yang berlaku di masyarakat.

4. Menurut BPS (Badan Pusat Statistik)

Pengertian kemiskinan menurut Bps adalah keetidakmampuan dalam segi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran.

5. Menurut BAPPENAS

Definisi dari kemiskinan merupakan situasi yang serba kekurangan akibat tidak keadaan yang tidak mampu dihindari oleh seseorang.

6. Menurut Levitan

Levitan berpendapat kalau kemiskinan itu bentuk kekurangan barang yang sangat diperlukan demi bisa memenuhi kebutuhan hidupnya agar menjadi lebih layak.

Jenis-Jenis Kemiskinan

Pada hakikatknya ada berbagai jenis kemiskinan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Kemiskinan Absolut

Pengertian kemiskinan absolut adalah jenis kemiskinan tetapi orang tersebut mempunyai penghasilan yang ada dibawah standar kelayakan atau dibawah garis kemikinan.

2. Kemiskinan Struktural

Pengertian kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang terjadi akibat struktur sosial yang tidak bisa menyambungkan masyarakat dengann sumber daya yang tersedia.

3. Kemiskinan Relatif

Pengertian kemiskinan relatif adalah salah satu jenis kemiskinan yang terjadi akibat adanya kebijakan pembangunan yang tidak terlaksana kesemua lapisan masyarakat.

4. Kemiskinan Kultural

Pengertian Kemiskinan Kultural ialah bentuk kemiskinan yang terjadi akibat keiasaan masyarakat yang suka bermasal-malasan dan tidak ingin memajukan dirinya di jaman modern ini.

5. Kemiskinan Alamiah

Pengetian Kemiskinan Alamiah merupakan kemiskinan yang disebabkan alam sekitarnya menjadi langka sumber dayanya.

Kesimpulan :

Kemiskinan itu terjadi karena suatu keadaan yang tidak bisa dihindari atau suatu keadaan yang memang karena tindakan dari manusia itu sendiri. Misalnya saja seorang pengusaha yang awalnya sangat kaya karena terlilit hutang dan usahanya bangkrut sehingga semua asetnya disita dan iya menjadi miskin.

Karena ia sudah tidak memiliki materil dan non materil yang ia miliki.

Artikel ini bersumber dari khanfarkhan.com (https://khanfarkhan.com) semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Tags: