Persiapan Untuk Rumah Pohon

Persiapan Untuk Rumah Pohon – Rumah pohon sering digunakan untuk tempat bermain atau tempat yang sering dikunjungi. Banyak rumah pohon yang berada di ddepan rumah ataupun di sekitar tempat bermain.

Persiapan Untuk Rumah Pohon
Persiapan Untuk Rumah Pohon

Rumah pohon memberi banyak kesan, suasana akan lebih indah dan nyaman di rumah pohon. Untuk itu banyak yang membangun rumah pohon di sekitar rumah. Meski hanya membuat rumah pohon, hal yang perlu diperhatikan begitu banyak. Termasuk perizinan pembangunan.

Untuk perizinan, sebelumnya kita harus izin kepada dinas yang ada. Dengan mempertimbangkan ketinggian rumah pohon yang akan dibangun, serta pendapat dan keluhan tetangga akan rencana yang akan dilakukan.

Cara yang dilakukan untuk membangun rumah pohon yang terjamin kualitasnya, kita harus memperhatikan langkah yang dilakukan dengan benar. Langkah tersebut adalah :

  1. Pilihan pohon

Untuk memilih pohon yang akan digunakan untuk membangun rumah pohon, sebaiknya pilih pohon yang tidak tua atau mati, maupun pohon yang masih muda. Keduanya memiliki ketahanan yang kurang, bisa saja sewaktu waktu pohon tidak dapat menopang rumah diatasnya. Pilih pohon yang memiliki kadar air yang pas, untuk mengukur kadar air kayu dapat menggunakan moisture meter.

Selain itu, beberapa hal seperti diameter juga harus diperhatikan.Jika akan membuat rumah pohon yang lumayan besar, seprti 5×5 meter sebaiknya cari pohon yang memiliki diameter minimal 30 cm. untuk mengukurnya, dapat menggunakan tali yang dililitkan lalu ukur keliling pohon.

  1. Penggunaan penyangga

Penyangga akan digunakan untuk menahan pohon agar tidak jatuh, roboh atau merusak pohon. Untuk itu penggunaan penyangga sangat dibutuhkan, ada beberapa jenis Teknik menyangga.

Penyangga yang dibenamkan dalam tanah akan memperkecil kerusakan pada pohon, dan mampu menopang rumah pohon lebih lama. Yang kedua adalah dengan mengunci balok rumah pada pohon. Cara ini sangat umum diakukan, namun hal tersebut dapat merusak pohon.

  1. Akses masuk

Dari dasar hingga masuk ke dalam rumah pohon harus dibuat akses agar mudah masuk ke dalam rumah. Untuk itu sebuah tangga gantung dibutuhkan.

  1. Cabang lain

Cabang yang ada di pohon yang dirasa mengganggu atau tidak. Jika mengganggu akankah akan memangkas atau membiarkannya saja.

Tags: