Rawat Kamera Dengan Benar

Rawat Kamera Dengan Benar – Dalam dunia fotografi, kamera sangat dibutuhkan untuk membidik objek dan menghasilkan gambar yang bagus dan berkualitas. Keadaan kamera yang harus diperhatikan, karena jika ada masalah sedikit saja akan mempengaruhi kualitas kamera dan gambar yang dihasilkan.

Rawat Kamera Dengan Benar
Rawat Kamera Dengan Benar

Perawatan tidak hanya untuk menjaga kamera agar tetap bersih, namun hal tersebut juga dilakukan untuk menjaga kamera agar tetap awet. Lakukan pembersihan secara rutin dapat membantu menjaga kamera agar tetap awet dan jauh dari debu.

Cara merawat kamera agar tetap awet :

  • Jauhkan dari air

Air merupakan hal yang sensitive untuk kamera. Jika kamera terkena air, maka komponen yang ada didalam kamera menjadi bermasalah. Selain itu, jika air masih mengendap dalam lensa akan membuat lensa menjadi berembun dan mengurangi kualitas gambar. Untuk membersihkan embun di kamera dengan menggunakan cleaning kit.

  • Kebersihan kamera

Selain menggunakan cleaning kit dapat pula menggunakan cairan pembersih khusus. Semprotkan cairan pada lap setelah itu, lapkan pada seluruh permukaan lensa. Selain itu, untuk menjaga lensa kamera dapat menggunakan lens cap yang dapat membantu menutup lensa agar tidak terbentur atau terdapat sidik jari.

  • Tas khusus

Simpan kamera didalam tas khusus yang terdapat bantalan agar menjaga kamera. Usahakan agar tidak menyimpan kamera dalam tas biasa yang tidak terdapat bantalan pelindungnya.

  • Pelindung layer

Layar kamera dapat tergores seandainya saja tidak ada pelindung layar. Adanya pelindung layar sama seperti lens cap, hanya saja pelindung layar membantu menjaga layer kamera.

  • Bersihkan kamera

Untuk membersihkan body kamera dapat menggunakan minyak kayu putih ataupun cairan pembersih khusus. Bersihkan secara merata agar debu yang ada dapat hilang, karet juga harus dibersihkan karena biasanya karet tersebut tidak licin jika terdapat banyak debu.

  • Filter UV

Pasang filter uv untuk melindungi kamera dari ultraviolet yang dapat merusak kamera dan juga dari debu agar lensa tetap bersih.

  • Lens hood

Harganya yang mahal mempengaruhi penggunaannya. Alat tambahan ini membantu mengurangi cahaya yang berlebih.

  • Daya baterai

Jaga baterai dan jangan simpan pada suhu diatas 43 derajat. Selain itu, isi daya baterai ketika kamera tidak digunakan.

  • Shoulder strap

Diguanakan untuk mengalungkan kamera pada leher saat membidik atau membawa kamera.

  • Tempat penyimpanan

Masukan kamera dan perangkatnya kedalam wadah atau lemari khusus saat tidak digunakan. Untuk menjaga dan menyimpan kamera dapat menggunakan Dry Cabinet.