Manfaat Buah Semangka

1 min read

Manfaat Buah Semangka – Buah semangka merupakan salah satu buah dengan kadar air tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan metabolisme dalam tubuh kita.

Manfaat Buah Semangka

Buah ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas dan saat cuaca sedang panas. Kandungan air yang cukup besar dalam semangkan akan menyegarkan tenggorokan Anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Semangka Kuning

Buah yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae botani dalam satu cangkirnya mengandung 43 kalori, 2 gram natrium, 11 gram karbohidrat dan 1 gram serat dimana hal ini akan memberikan 17% dari vitamin A, 21% vitamin C, 2% dari besi dan 1% dari kebutuhan kalsium dalam tubuh kita.

Baca Juga : Jual PH Meter

Tahukah Anda bahwa buah semangka ini memiliki nilai pH yang cukup tinggi yaitu 8,5 pH berdasarkan pengukuran menggunakan pH meter ini ternyata bermafaat untuk kesehatan dan kecantikan kita, apa sajakah manfaat buah semangka tersebut :

1. Sebagai anti penuaan dini dan meremajakan kulit

Kandungan likopen, vitamin A dan C dalam semangka mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyerang kulit. Zat antioksidan dalam semangka membantu menghilangkan timbunan radikal bebas dalam tubuh, oleh karena itu dengan rajin mengkonsumsi semangka manfaat tersebut bisa Anda dapatkan segera. Selain itu penggunaan semangka sebagai masker akan membantu meremajakan kulit yang kusam dan meregenerasi sel – sel kulit yang mati.

2. Menjaga kelembaban kulit dan mengurangi minyak wajah

Seperti yang kita ketahui bahwa semangka adalah buah yang mengandung kadar air tinggi. Hal ini bermanfaat untuk menghindari dehidrasi dan juga menjaga kelembaban kulit Anda. Selain itu wajah yang mengandung banyak minyak juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi semangka.

3. Memelihara kesehatan ginjal

Buah semangka bermanfaat untuk membersihkan zat – zat racun pada ginjal karena mengandung kalium di dalamnya. Dengan begitu kesehatan ginjal juga akan terjaga, selain itu buah semangka juga membantu mengurangi kadar asam urat dengan menekan resiko pembentukan batu ginjal.

4. Pencegahan sariawan

Salah satu penyebab sariawan adalah mulut kering yang menjadi tempat yang bagus untuk bakteri berkembang biak. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi semangka yang tinggi kadar air akan mencegah hal tersebut. Anda juga dapat mengkonsumsi semangka dengan vitamin C tambahan baik alami maupun suplemen sebagai pencegahan.

5. Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

Kandungan karetenoid dalam semangka ternayata mampu mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena. Hal ini merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan hipertensi, selain itu kandungan kaliumnya juga membantu menurunkan tekanan dalam darah. Kalium tersebut juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung, oleh karena itu rutinlah mengkonsumsi semangka untuk mendapatkan manfaat tersebut.

6. Membantu memulihkan otot nyeri

Semangka ternyata juga mampu mengurangi nyeri otot, para atlit juga rutin mengkonsumsi semangka karena dapat meningkatkan waktu pemulihan setelah sesi latihan. Para peneliti meyakini bahwa kandungan asam amino L-citrulline dalam semangka yang berperan untuk hal tersebut.

Bahaya Air Minum Isi Ulang : Fakta dan Penyebabnya

Air minum galon isi ulang ini masih menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan air minum. Namun dibalik itu semua ada ‘oknum nakal’ yang memanfaatkannya untuk...
akubeni1
1 min read

Manfaat Madu Untuk Anak

Manfaat Madu Untuk Anak – Sudah sejak lama madu dipercaya umat manusia mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Bahkan para atlit jaman...
akubeni1
1 min read

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup mengganggu. Meskipun tidak sakit dan berbahaya, panu yang muncul di beberapa area tertentu...
akubeni1
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *