Bahan Terbaik Untuk Jam Tangan

Bahan Terbaik Untuk Jam Tangan – Jam tangan merupakan salah satu alat penunjuk waktu yang mungkin sering kita jumpai sehari – hari. Namun seiring perkembangan zaman penggunaan jam tangan juga sebagai fashion kita.

Bahan Terbaik Untuk Jam Tangan

Pembuatan jam tangan juga semakin dituntut agar mempunyai desain yang menarik dan tangguh. Bahan pembuatnya juga harus memnuhi kriteria berikut untuk menarik minat pembelinya, untuk membuat jam tangan berikut adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat jam tangan :

1. Stainless Steels

Stainless steels atau disebut juga dengan besi anti karat merupakan bahan yang tahan terhadap korosi dan mempunyai kekuatan yang sangat bagus, jenis bahan ini juga tidak memerlukan perawatan yang berlebihan untuk tetap terlihat menarik.

Baca Juga : Cara Bersihkan Jam Tangan Stainless

2. Platinum

Platinum merupakan sejenis logam / metal yang memang paling banyak penggunaannya untuk dibuat menjadi jam tangan. Kelebihan dari platinum ini adalah beratnya yang lebih ringan dibandingkan jenis logam lainnya serta warnanya yang menyerupai emas putih.

3. Keramik

Penggunaan keramik sebagai bahan pembuat jam tangan baru dapat diaplikasikan baru – baru ini saja, bahan ini juga mempunyai kelebihan yaitu resikonya yang minim karena terbuat dari tanah liat yang dikeraskan. Jenis bahan ini juga merupakan bahan yang tidak memiliki pori sehingga lebih mudah dibersihkan bila kotor. Jam tangan yang dibuat menggunakan bahan ini juga cenderung memiliki harga yang lebih murah dibanding yang terbuat dari logam atau metal.

4. Serat Karbon

Diantara semua bahan yang digunakan untuk membuat jam tangan, bahan ini mempunyai berat yang teringan namun memiliki kualitas yang baik dan kuat. Bahan serat karbon juga sering digunakan pada bidang olahraga untuk membuat raket, dalam pembuatan jam tangan bahan akan diolah lebih dahulu agar terlihat modern dan tangguh.

5. Karet Silikon

Karet silikon adalah material yang dibuat dari bahan kimia buatan agar warnanya dapat dibuat bermacam – macam, bahan ini terlihat sangat lunak dan kenyal. Karet silikon mempunyai sifat yang fleksibel dan nyaman untuk dipakai dan merupakan bahan yang paling aman untuk penderita alergi.

6. Plastik

Plastik juga sangat mudah dalam berbagai warna sehingga dapat memugkinkan para produsen jam tangan untuk berkreasi, akan tetapi bahan ini sangat riskan karena sifatnya yang mudah pecah dan retak. Bahan ini biasanya banyak dipasaran dan mempunyai harga yang terjangkau.

7. Titanium

Bahan titanium dapat dikatakan sebagai bahan yangpaling tangguh karena sifat logam ini memanglah keras. Tingkat kekerasannya dapat mencapai 9 skala mohs berdasarkan pengukuran menggunakan hardness tester / pengukur kekerasan. Nilai ini hanya 1 tingkat dibawah berlian yang menjadi material terkeras di bumi. Tentu jam tangan yang dibuat menggunakan bahan ini merupakan jam tangan yang tangguh.

Baca Juga : Jam Tangan Terkuat di Dunia

Tags: