Cara Mencegah Karat Pada Mobil

Cara Mencegah Karat Pada Mobil – Korosi merupakan proses alamiah yang menyebabkan besi atau logam menjadi rapuh dan hancur, secara alami proses ini tidak dapat dihindarkan namun kita dapat memperlambat atau mencegahnya. Salah satu penyebab terbesar dari korosi adalah karena suatu logam atau besi terpapar air hujan dan panas matahari secara kontinyu.

Cara Mencegah Karat Pada Mobil

Kandungan unsur garam dan zat besi yang ada dalam air akan sangat berpengaruh pada proses korosi di body mobil Anda. Secara alami proses korosi pada bodi mobil membutuhkan waktu lama yang tergantung dari bagaimana perawatan yang kita lakukan dan juga pengetahuan kita akan korosi.

Baca Juga : Cat Mobil Paling Bagus

Seperti yang kita ketahui bahwa bodi mobil merupakan bagian penting yang akan melindungi pengendara mobil dari panas, hujan dan juga benturan yang mungkin terjadi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa penyebab terjadinya atau munculnya karat pada bodi mobil :

  • Kelembaban udara yang cukup tinggi yang ada sedikit diatas titik beku
  • Beberapa bagian mobil yang basah dalam waktu yang cukup lama
  • Unsur Garam dan bahan Kimia yang dapat berasal dari Air hujan, Hembusan Air laut dan Polusi Industri yang bisa mempercepat terjadinya korosi pada mobil
  • Mobil terlalu lama berada di tempat yang bersuhu udara tinggi dengan sirkulasi udara yang kurang baik dalam waktu lama

Setelah kita mengetahui penyebab adanya korosi pada bodi mobil, maka selanjutnya kita harus tahu cara mencegah karat pada mobil :

1. Cucilah kendaraan secara rutin

Mencuci atau membersihkan mobil secara rutin dan teratur menjadi cara yang paling mudah dalam menjaga bodi mobil dari korosi. Namun seringkali orang melakukan kesalahan dalam proses pencucian, pastikan Anda menggunakan shampo khusus mobil yang berkualitas serta terjamin kualitasnya sehingga tidak merusak cat pada body mobil. Sebaiknya hindari mencuci mobil pada malam hari karena air bekas cucian yang masih ada pada bodi mobil akan sulit mengering dan masih menempel pada bodi yang bila dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan korosi.

2. Jaga Kebersihan Ruangan Interior Mobil

Interior mobil juga menjadi bagian mobil yang wajib dibersihkan untuk menjaga kebersihan mobil secara keseluruhan. Kelembaban yang cukup tinggi pada interior mobil, air kotor hingga bekas lumpur yang tertinggal dapat menyebabkan korosi pada mobil. Pastikan interior mobil Anda terjaga kebersihannya dan juga bebas dari endapan kotoran yang mungkin tertinggal. Pastikan juga barang bawaan yang mengandung zat kimia tidak disimpan di dalam mobil dan segera bersihkan tumpahan bahan kimia atau kotoran yang mungkin terjadi di dalam mobil.

3. Perbaiki Permukaan Cat Pada Body Mobil

Lapisan cat pada body mobil merupakan benteng pertahanan utama body mobil Anda dari korosi, oleh karena itu bila terjadi kerusakan pada lapisan cat body mobil maka sebaiknya segera perbaiki lapisan tersebut. Bagian body mobil yang lapisan catnya terkelupas biasanya akan mudah mengalami korosi. Pada bengkel mobil profesional setelah proses pengecatan juga akan dilakukan pengujian apakah lapisan cat tersebut sudah merata atau belum pada setiap permukaan. Dengan bantuan alat thickness meter kita akan mengetahui apakah ketebalan lapisan cat pada seluruh body mobil sudah merata atau belum.

4. Simpanlah Kendaraan di Tempat yang Benar

Seperti yang tadi sudah disebutkan, jangan parkirkan atau simpan mobil Anda di tempat dengan tingkat kelembaban tinggi, suhu tinggi yang terlebih lagi tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan semakin mempercepat proses korosi.

Baca Juga : Cara Pencegahan Korosi

Tags: