Jenis Jenis Jagung

Jenis Jenis Jagung – Jagung merupakan makanan pokok pengganti nasi atau beras. Jagung di Indonesia memiliki beberapa jenis yang berbeda. Hal tersebut mempengaruhi rasa dan tekstur jagung yang dihasilkan dari setiap jenis yang berbeda.

Jenis Jenis Jagung
Jenis Jenis Jagung

Biji jagung biasanya akan dimanfaatkan untuk produk pangan pokok maupun makanan ringan. Di daerah semarang, jagung sering dibuat menjadi nasi, yang biasanya dinamakan dengan sego jagung. Jagung memiliki banyak manfaat didalamnya. Bagi Anda yang tertarik untuk menanam jagung, Anda bisa membaca artikel mengenai cara menanam jagung.

Baca Juga : Jual pH Meter Tanah & Air

Ragam jagung yang terapat didunia memanglah banyak dan beragam. Tekstur dan juga rasa, mempengaruhi konsumsi masayarakat terhadap jagung tersebut. Dibawah ini adalah beberapa jenis jagung yang terdapat di dunia, berserta ciri ciri dan juga sedikit sejarah mengenai jagung tersebut tumbuh.

Diantara jenis jagung tersebut adalah :

1. Dent corn

Jagung ini memiliki nama lain di Indonesia yaitu, jagung gigi kuda. Jagung ini banyak ditemukan di Meksiko Utara dan Amerika Serikat. Dent corn ini memiliki ciri seperti memiliki lekukan di tengah atau bagian atas biji. Memiliki ukuran biji yang tergolong besar serta memiliki biji berwarna kuning, putih atau warna lain.

2. Flint corn

Jagung Mutiara memiliki permukaan biji yang licin dan megkilap. Jagung ini banyak ditanam oleh petani Indonesia. Jagung Mutiara banyak ditanam karena memiliki sifat yang tahan hama, sehingga lebih awet untuk disimpan. Jagung ini selain banyak ditemukan di Indonesia, namun banyak ditemukan pula di Argentina Amerika Serikat.

3. Sweet corn

Jagung yang memiliki nama manis ini, sering disebut dengan jagung manis. Banyak yang menanam jagung ini karena dapat meningkatkan ekspor ke berbagai negara dunia. Jagung manis memiliki kadar gula yang terbilang sangat tinggi dibanding patinya. Jagung manis memiliki biji yang muda dan bercahaya.

4. Pop corn

Jagung yang banyak digunakan untuk membuat makanan ringan yaitu pop corn. Jagung ini memiliki biji yang kecil, keras, memiliki warna putih kekuning kuningan, memiliki ujung yang runcing serta tongkol jagung yang kecil.

5. Flour corn

Jagung ini digunakan untuk membuat tepung jagung. Setelah dipanen jagung akan dijemur hingga memiliki 12 % kadar airnya. Untuk mengukur kadar air dapat menggunakan grain moisture meter.

6. Pod corn

Jagung ini tidak dibudidayakan di Indonesia. Jagung ini banyak ditemukan di amerika terupama Uruguay dan Paraguay.

7. Waxy corn

Jagung ini akan lengket jika dimasak. Memiliki biji yang kecil dan jernih serta mengkilap seperti lilin.

Incoming search terms:

  • jenis jenis jagung
  • Jenis jagung
  • jenis jagung termahal
  • jenis jenis jagun

Tags: