Inilah Dampak dan Penyebab Pencemaran Air

Inilah dampak dan penyebab pencemaran air yang perlu kita perhatikan, karena air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia yang apabila semua sumber air ini tercemar maka manusia akan kekurangan sumber air bersih. Untuk mengetahui kualitas air tidak perlu satu-satu menggunakan PH Meter, DO Meter, TDS Meter, karena sekarang ini sudah tersedia alat uji kualitas air multi parameter.

Salah satu penyebab adanya kehidupan di bumi adalah karena tersedianya air yang mendukung kehidupan. Dari informasi yang didapatkan, bahwa faktanya ada sekitar 1,4 triliun kilometer kubik air menutupi bumi (sekitar 71%). Untuk mendukung kehidupan manusia di muka bumi dibutuhkan sumber air yang bersih.

Baca Juga : Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau

Namun pada kenyataannya sering aktivitas manusia dimuka bumi ini mencemari lingkungan yang menyebabkan air tercemar. Air yang tercemar ini bisa membahayakan kesehatan manusia dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Air

Dampak dan penyebab pencemaran air ini perlu untuk diperhatikan agar dimasa yang akan datang, sumber air bersih ini tidak semakin tercemar. Setidaknya ada 7 faktor yang dapat mengakibatkan pencemaran air, diantaranya:

Limbah Industri

Kegiatan manusia yang sudah memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi ini dapat menimbulkan pencemaran air. Seperti yang terjadi pada limbah industri, apabila industri tersebut tidak membangun pembuangan limbah yang sesuai dengan standar yang ada pada peraturan pemerintah mengenai pencemaran lingkungan. Limbah pabrik ini biasanya langsung dibuang begitu saja ke sungai-sungai sekitar. Limbah-limbah yang dibuang tanpa diolah terlebih dahulu ini dapat mencemari lingkungan.  Warga sekitar yang memanfaatkan sungai inilah yang akan menerima dampak dari air sungai yang tercemar limbah industri atau pabrik.

Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga ini seperi kotoran manusia, air sisa detergen, sampah yang dibuang ke selokan, parit, hingga sungai. Dengan bertambahnya populasi manusia tentu akan membuat banyaknya limbah rumah tangga yang dibuang ke aliran-aliran air. Aliran air ini biasanya berakhir pada sungai, akibatnya sungai menjadi tercemar limbah. Limbah yang terus menerus dibuang kesungai ini akan terbawa dan bermuara pada laut. Selain sungai, laut pun bisa tercemar dengan adanya limbah-limbah tersebut.

Batubara

Proses pertambangan batubara ini turut menyumbang pencemaran sumber air. Dalam proses pengolahan batu bara ini ketika batubara dibakar maka akan menyebabkan merkuri yang berada dalam batubara terlepas ke lapisan atmosfer dan merkuri ini akan kembali kepermukaan bumi masuk kedalam tanah yang kemudian akan mencemari sumber-sumber air seperti sungai, danau, rawa dan sumber air lainya. Air yang tercemar merkuri ini berbahaya untuk dikonsumsi dan akan menyebabkan penyakit yang serius apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Penggunaaan Bahan Peledak dan Racun Untuk Menangkap Ikan

Meskipun sudah ada larangan dari pemerintah mengenai pengguanaan bahan peledak yang mengandung racun untuk menangkap ikan tetapi pada kenyataannya masih ada orang maupun nelayan yang masih melakukannya demi mendapatkan tangkapan ikan yang instan. Namun dibalik itu semua selain menyebabkan induk dan anak ikan dan penghuni air tersebut, penggunaan bahan peledak yang beracun tersebut dapat mencemari air tersebut.

Limbah Nuklir

Percobaan pelepasan nuklir ini dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada perairan seperti lautan. Limbah nuklir ini berupa radioaktif yang sangat membahayakan manusia apabila manusia tersebut mengkonsumsi air yang tercemar dari limbah radiokatif nuklir.

Tumpahan Minyak

Tumpahan minyak ini turut menyumbang pencemaran air. Tumpahan minyak ini biasanya berasal dari pengangkutan minyak dengan kapal-kapal besar yang kecelakaan, terbalik maupun tenggelam pada saat mengangkut minyak tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa air dan minyak ini tidak dapat bersatu. Akibatnya minyak ini akan menutupi permukaan air yang akan menyebabkan terhalangnya sinar matahari untuk menembus permukaan air tersebut. Dengan adanya ini, tentu akan menyebabkan ikan dan tumbuhan karang mati karena kesulitan untuk mendapatkan sinar matahari.

Penggunaan Pestisida Berlebih

Penggunaan pestisida secara tidak bijak dapat menyebabkan beberapa hal, salah satunya adalah pencemaran pada air yang berada disekitarnya. Banyak petani yang menggunakan pestisida dan pupuk kima yang menyebabkan air yang keluar dari sawah tersebut mencemari sumber air disekitarnya. Sumber air ini biasany berupa sungai kecil yang akan bermuara pada sungai. Air yang tercemar pestisida ini akan membahayakan kesehatan manusia jika dikonsumsi secara terus-menerus. Bagi ekosistem air, pestisida ini dapat meracuni organisme dalam air yang akan menyebabkan banyak pengghuni air tersebut mati.

Dampak Pencemaran Air

Dampak pencemaran air ini ada yang bersifat langsung, ada juga yang mempunyai efek setelah 5-10 tahun. Inilah beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air:

1. Membahayakan kesehatan manusia, dengan adanya pencemaran air ini akan menyebabkan tumbuh dan berkembanya bakteri patogen yang apabil air tersebut dikonsumsi oleh manusia secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit salah satunya adalah diare.

2. Kehidupan organisme lain akan terganngu. Air yang tercemar ini akan menjadi sarang tumbuh pesatnya tumbuhan air alga yang dapat memnuhi permukaan air. Permukaan air yang tertutupi alga ini akan menghambat cahaya matahari masuk yang berakibat pada suhu perairan dan akan mempengaruhi oksigen yang terlarut dalam air. Selain itu,biota dan tumbuhan air yang mengandalkan oksigen dan sinar matahari ini akan sulit untuk bertahan hidup.

3. Lingkungan air yang tercemar ini juga menyebabkan tidak sedapnya untuk dipandang seperti disudut-sudut kota besar sering ditemui sunga-sungai besar namun penuh dengan limbah dan sampah.

4. Selain berdampak pada air dan manusia, pencemaran air ini juga berdampak terhadap kesuburan tanah seiring dengan banyaknya pencemaran air yang terjaldi.

Pada awalnya sumber air ini bersih dan tidak tercemar namun dengan bertambahnya manusia air ini dapat tercemar oleh kegiatan manusia dalam memanfaatkan air dan mengelola sumber daya alam yang tidak bijak. Menggelola alam dan menggunakan sumber air secara bijak ini akan mengurangi adanya pencemaran air untuk anak cucu kita.

Incoming search terms:

  • penyebab pencemaran air
  • dampak pencemaran air
  • faktor penyebab pencemaran air
  • penyebab pencemaran sungai
  • faktor pencemaran air
  • faktor faktor penyebab pencemaran air
  • https://www mallardsgroups com/dampak-dan-penyebab-pencemaran-air/
  • penyebab terjadinya pencemaran air
  • Penyebab penc
  • ekosistem sungai dapat terganngu oleh pencemaran

Tags: