Hewan Yang Bisa Memprediksi Cuaca

Hewan Yang Bisa Memprediksi Cuaca – Cuaca merupakan kondisi alam yang dapat berubah – ubah dalam waktu yang relatif singkat, berbeda dengan iklim yang dapat berlangsung selama berbulan – bulan.

Hewan Yang Bisa Memprediksi Cuaca

Jaman dahulu orang – orang sering memprediksi cuaca dengan memperhatikan gejala alam hingga aktivitas hewan di sekitarnya. Namun di zaman sekarang manusia sudah dapat memprediksi cuaca dengan tepat menggunakan alat yang canggih seperti weather station (alat pengukur cuaca) maupun menggunakan satelit.

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Cuaca

Namun bagaimana bila Anda berada di daerah dimana Anda tidak dapat menggunakan alat – alat tersebut seperti di hutan maupun gunung. Disini Anda dapat mengamati hewan yang ada di sekitar kita untuk memprediksi cuaca khususnya hujan. Lalu hewan apa sajakah yang bisa memprediksi cuaca :

1. Domba

Ternyata hewan yang sering dimanfaatkan baik susu, bulu dan dagingnya ini dapat memprediksi cuaca, bila domba berkumpul secara berkerumun maka dapat menjadi pertanda bahwa esok harinya akan terjadi hujan.

Domba merupakan hewan yang peka terhadap kebisingan karena indera penciuman dan pendengaran yang baik, domba dapat bersikap berbeda ketika sedang sendiri dan berkelompok. Domba juga tidak suka daerah gelap sehingga bila domba tiba – tiba berkumpul banyak yang meyakini esok harinya akan turun hujan.

2. Lintah

Hewan penghisap darah yang kini banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan ini ternyata juga dapat memprediksi cuaca. Anda dapat memasukkan lintah ke dalam gelas berisi air, bila lintah melekat pada gelas tersebut maka diyakini cuaca akan baik saja. Namun bila lintah hanya diam saja maka banyak yang meyakini akan terjadi cuaca buruk dalam beberapa hari. Selain itu bila lintah merekat erat dan ekornya bergerak – gerak dengan keras biasanya akan datang badai topan.

3. Kepik

Kepik merupakan sejenis kumbang kecil dengan warna cerah yang bila berkumpul biasanya akan datang cuaca panas atau hangat dan bila kepik sedang mencari tempat tinggal biadanya cuaca dingin diperkirakan akan datang.

4. Burung

Hewan yang bisa terbang ini memang sering dijadikan pertanda atau prediksi cuaca. Bila burung – burung terbang tinggi maka cuaca biasanya akan baik – baik saja karena kondisi di atas masihlah aman. Namun bila burung terbang dengan rendah dekat tanah maka biasanya cuaca buruk seperti hujan atau badai akan segera datang.

Selain itu ada beberapa jenis burung yang berbeda dalam memprediksi cuaca, sebagai contoh burung gagak akan memutari sarangnya bila akan turun hujan. Berbeda dengan burung bangao yang bila ia terbang ke daerah utara pada musim semi maka dipercaya esok harinya akan turun hujan.

5. Lebah

Hewan penghasil madu yang memiliki banyak manfaat ini mempunyai cara yang unik dalam memprediksi cuaca yaitu bila lebah tiba – tiba menghilang dari bunga maka diyakini akan terjadi cuaca buruk. Selain itu bila lebah membangun sarangnya lebih tinggi itu pertanda bahwa musim dingin akan segera tiba tetapi bila lebah berterbangan jauh dari sarangnya itu menandakan akan datangnya cuaca baik.

Keunikan lain dari lebah adalah dapat mengetahui arah posisi matahari meskipun posisi matahari berubah terus tiap menit dan juga dapat memprediksi ladang tambang bahkan dapat mendeteksi keberadaan ranjau.

Tags: