Jenis Jenis Kulit

1 min read

Jenis Jenis Kulit – Kulit merupakan salah satu dari panca indera. Kulit memiliki fungsi yang penting dalam panca indera, karena keberadaannya di luar tubuh, membuat kulit menjadi butuh perhatian khusus untuk merawatnya.

Jenis Jenis Kulit
Jenis Jenis Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda beda. Dari kulit yang kering, berminyak atau berbagai jenis kulit lainnya. Setiap kulit juga memiliki titik kelemahan. Jenis kulit tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa factor, seperti factor genetic dan serangkaian pengobatan yang telah dilakukan.

Selain factor tersebut beberapa factor ini mempengaruhi jeniss kulit :

  1. Kadar air, mempengaruhi kelembaban kulit, untuk mengukurnya dapat menggunakan moisture meter.
  2. Kadar minyak, mempengaruhi kelembutan kulit
  3. Tingkat sensitive kulit

Dibawah ini adalah bebapa jenis kulit serta perawatan yang dapat membantu mengatasi masalah pada kulit tersebut.

Jenis kulit serta perawatannya :

  • Kulit normal

Kulit yang tidak terlalu kering serta tidak banyak memproduksi minyak pada kulit. Kulit ini memiliki kesehatan yang optimal, tidak mudah sensitive, pori pori yang tidak tampak, warna yang berseri, serta tidak banyak flek dan perawatan yang mudah dilakukan.

  • Kulit kering

Kulit jenis ini memiliki sedikit sekali kadar minyak dan kadar air. Kulit jenis ini biasanya akan bersisik dan mengelupas. Selain itu, kulit kering memiliki garis di kulit, permukaan yang kusam kasar dan terdapat bercak merah, serta kurang elastis.

Untuk menangani kulit kering dapat diatasi dengan tidak mandi terlalu sering, memakai sabun yang ringan, oleskan pelembab setelah mandi, dan tidak menggosok handuk terlalu keras pada kulit. Selain itu, gunakan sarung tangan ketika menggunakan detergen.

  • Kulit berminyak

Jenis kulit yang memproduksi minyak berlebih, biasanya disebabkan karena factor genetic maupun factor pubertas, yang mengakibatkan banyaknya produksi minyak. Biasanya kulit jenis ini akan mengkilat karena kadar minyak yang dihasilkan.

Untuk mengatasi kulit berminyak dengan rajin mencuci wajah menggunakan sabun yang ringan dan tidak menggosok area wajah. Lakukan kegiatan cuci muka setelah beraktifitas. Jangan pecahkan jerawat.

  • Kulit sensitive

Jenis kulit ini biasanya terjadi akibat respon kulit kepada suatu jenis produk yang digunakan. Jika kulit dan produk tidak cocok, maka kulit akan menjadi sensitive, dengan gejala kulit yang kemerahan, gatal, tampak terbakar, kering hingga kusam.

Santan Kelapa Untuk Kulit

Santan Kelapa Untuk Kulit – Santan kelapa merupakan cairan yang menyerupai susu namun dari bahan alami, yaitu kelapa. Santan biasanya digunakan untuk membuat masakan,...
lindanw15
1 min read

Khasiat Minyak Pohon Teh

Khasiat Minyak Pohon Teh – Minyak pohon teh merupakan suatu minyak yang dihasilkan dari proses destilasi daun melaleuca alternifolia. Minyak pohon teh ini banyak...
lindanw15
1 min read

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kecantikan – Cengkeh merupakan tanaman toga yaitu tanaman obat keluarga dan juga digunakan pula sebagai rempah – rempah. Cengkeh ini...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *