Manfaat Gula Aren

Gula Aren – Gula yang sering disebut sebagai gula merah ini dibuat dari sari buah aren, namun  karena warnanya merah sehingga seringkali disebut sebagai gula merah. 2 jenis gula yang sering digunakan maupun dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah gula merah dan gula putih atau gula pasir.

Manfaat Gula Aren

Gula pasir terbuat dari sari batang tebu, gula jawa dibuat dari air nira kelapa dan gula aren terbuat dari sari buah aren. Gula-gula tersebut mempunyai bahan yang berbeda sehingga khasiat yang dihasilkan oleh gula tersebut tentu berbeda.

Gula aren di Indonesia banyak digunakan untuk memasak makanan tradisional hingga digunakan untuk membuat minuman sehat yang rendah kalori. Jika pada industri gula yang besar biasanya dibutuhkan informasi mengenai indeks bias dan brix pada gula karena untuk mengetahui kadar / konsentrasi bahan atau zat terlarut dalam gula tersebut. Gunakanlah alat yang bernama Refraktometer.

Inilah manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan tubuh :

  1. Sebagai Sumber Antioksidan
    Telah diteliti dan diungkap faktanya, ternyata di dalam gula aren terdapat banyak kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit bebahaya, contohnya kanker kulit.
  2. Dapat Mengobati dan Mencegah Penyakit Anemia
    Tuhan tidak menciptakan pohon aren tanpa manfaat untuk umatnya, kandungan zat besi dari gula merah yang cukup tinggi ini mampu untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah. Dengan meningkatnya produksi sel darah merah maka akan mengobati dan mencegah datangnya penyakit kurang darah atau yang biasa disebut dengan anemia.
  3. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Organ-organ tubuh Anda akan bekerja lebih optimal apabila mengkonsumsi gula aren. Bukan tanpa sebab, tetapi karena di dalam gula aren terkandung beberapa unsur kimia yang yang mampu melancarkan sistem peredaran dalam tubuh, yang kemudian akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Menstabilkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah
    Kandungan niacin yang terdapat dalam gula aren ini dapat menstabilkan kadar kolesteril di dalam darah. Selain itu, fungsi niacin juga dapat sebagai penghalus dan penjaga kesehatan kulit.
  5. Meningkatkan Sistem Pencernaan
    Gangguan pencernaan dalam tubuh Anda akan kembali lancar karena kandungan gula aren mampu untuk menyehatkan organ-organ pencernaan. Hali ini karena kandungan zat niacin yang mampu meningkatkan sistem pencernaan.
  6. Baik untuk Diet
    Yang manis belum tentu berbahaya untuk Anda yang sedang melakukan diet, contohnya gula aren, meskipun rasanya manis ternyata gula aren merupakan salah satu gula yang mempunyai kalori yang rendah.
  7. Dapat Dijadikan Sebagai Campuran Ramuan Obat
    Bagi Anda yang ingin membuat ramuan obat tradisional bisa menambahkan gula aren sebagai campurannya. Selain untuk memberi rasa manis, gula aren juga akan membantu memaksimalkan manfaat dari ramuan obat tersebut.

Meskipun rasanya manis dan biasanya hanya digunakan untuk bahan campuran masakan maupun sebagai pemanis untuk minuman, ternyata banyak manfaat yang dapat kita ambil dari gula aren tersebut. Jangan ragu untuk mengkonsumsi gula aren yang ternyata bagi untuk kesehatan tubuh.