Perbedaan Baja dan Besi

2 min read

Perbedaan Baja dan Besi – Besi dan baja merupakan sebuah material yang pada umumnya banyak digunakan dalam pembangunan suatu bangunan. Besi merupakan material yang terbuat dari biji besi yang ditambang langsung dari alam.

Perbedaan Besi dan Beja

Setelah itu biji besi ini akan diolah sedemikian rupa menjadi besi kasar hingga besi tuang. Kemudian besi yang sudah jadi ini dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan baja. Oleh karena itu besi dan baja ini mempunyai bentuk yang hampir sama atau bahkan dapat dikatakan mirip secara sepintas.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Besi Beton

Sedangkan menurut terjamahan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), besi adalah logam yang keras dan kuat serta banyak sekali gunanya (sebagai bahan pembuat senjata, mesin, dan sebagainya), sedangkan baja adalah logam yang keras. Selain itu pada perkembangannya dikenal pula baja beton yang merupakan jenis baja yang digunakan pada konstruksi beton bangunan.

Ternyata unsur besi ini merupakan unsur yang membentuk bagian inti dalam dan luar bumi kita. Dikarenakan jumlahnya yang melimpah ini, besi merupakan unsur terbanyak ke empat yang ada pada lapisan kerak bumi kita.

Unsur besi ini merupakan unsur yang sangat reaktif terhadap air dan oksigen. Dalam keadaan yang segar, unsur besi ini memiliki warna permukaan yang berwarna abu – abu keperakan. Namun jika unsur besi ini berreaksi dengan udara (oksigen) dan air maka warna ini akan pudar karena timbulnya besi oksida hidrat (karat).

Bahkan sejak zaman purba, unsur besi ini sudah banyak digunakan meskipun masih lebih banyak penggunaan unsur tembaga. Logam besi murni ini relatif lembut namun tak dapat dihasilkan menggunakan proses peleburan, sedangkan logam besi mentah saat ini diproduksi di tanur tinggi dengan mereduksi bijih besi menggunakan batu bara sehingga menghasilkan besi kasar (pig iron). Dan bila sudah didapatkan besi kasar masih harus diproses untuk mengurangi kadar karbon yang terkandung di dalamnya.

Baja
Baja merupakan jenis logam yang dibuat dari berbagai paduan bahan seperti besi, karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, serta sebagian kecil aluminium, nitrogen, dan oksigen. Baja ini mempunyai berbagai karakteristik dimana hal ini diakibatkan karena bahan campuran yang ada di dalamnya seperti nikel, titanium, krom, vanadium, boron, niobium, dan molydenum.

Dalam proses pembuatannya, dengan penggunaan karbon akan menambah kakeuatan dan daya tarik baja. Oleh karena itu unsur karbon ini berfungsi untuk mengeraskan logam karena mencegah bergesernya dislokasi pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi.

Biasanya dalam pembuatan baja, unsur karbon ini berkisar antara 0,2 – 2,1 persen sesuai mutu dan kualitasnya. Baja dengan kandungan karbon yang semakin banyak ini memiliki warna yang hitam maka sering disebut dengan baja hitam. Baja jenis ini biasanya dibuat menjadi berbagai alat atau peralatan untuk tukang seperti sabit, cangkul, linggis, dan lain-lain.

Setelah kita mengetahui sedikit tentang besi dan baja, lalu apakah perbedaan antara besi dan baja. Berikut adalah perbedaan dari besi dan baja yang perlu untuk Anda ketahui :

  1. Besi merupakan material alami yang terbuat dari unsur ferrum (Fe), sedangkan baja adalah material buatan yang terbuat dari berbagai paduan unsur seperti besi, karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, serta sebagian kecil aluminium, nitrogen, dan oksigen.
  2. Kandungan unsur karbon di dalam besi lebih banyak dibanding dengan kandungan karbon di dalam baja. Di dalam besi unsur karbon ini mempunyai kandungan antara 2 – 4 persen yang berbeda dengan baja yang hanya mengandung karbon sebanyak 0,2 – 2,1 persen.
  3. Besi memiliki kekerasan dan kekuatan tarik yang lebih baik dari pada baja karena mempunyai kandungan karbon yang lebih banyak. Tingkat kekerasan ini dapat Anda ukur menggunakan alat pengukur kekerasan atau hardness tester.
  4. Dari sisi elastisnya, besi merupakan unsur yang lebih elastis dibanding dengan baja.
  5. Dari segi kekuatannya, baja sendiri diklaim seribu kali lebih kuat dibanding dengan besi murni sekalipun.

Demikian adalah beberapa perbedaan dari besi dan baja yang mungkin perlu untuk Anda ketahui.

Incoming search terms:

  • Perbedaan baja dan besi
  • perbedaan besi dan baja
  • Perbedaan baja dan besi cor
  • besi dan baja
  • perbedaan baja dengan besi
  • mengapa besi dan baja berbeda
  • kandungan karbon besi dan baja
  • perbedaan baja sama besi
  • perbedaan baja
  • cara membedakan besi dan baja

Tips Cepat Hamil

5 Tips Cepat Hamil yang Terbukti Ampuh! – Sebagai seorang pasangan yang sudah menikah terutama bagi kaum muda yang baru saja menikah pastinya ingin cepat mempunyai...
akubeni1
2 min read

Tips Membeli Alat Ukur

Tips Membeli Alat Ukur – Mengukur tak semudah bicara, itu dulu, kalau sekarang mengukur semudah bicara, karena sudah banyak alat ukur dengan sistem pembacaan...
akubeni1
1 min read

Pengertian dan Fungsi Besi Beton

Pengertian dan Fungsi Besi Beton – Besi beton atau yang biasa disebut beton bertulang adalah besi yang digunakan dalam pembuatan beton untuk kebutuhan tulangan...
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *