Iman Kepada Hari Akhir

Pengertian dan Fungsi Iman Kepada Hari Akhir – Dalam ajaran Islam, terdapat 6 rukun iman yang wajib diketahui dan diamalkan. Rukun iman yang wajib diketahui yaitu, iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada rasul-rasul Allah, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada’ dan qadar.

Iman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari kiamat atau hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Jika membahas mengenai hari akhir, tentunya akan membuta seseorang memikirkan banyak hal. Meski sudah pasti akan terjadi, tidak ada satu orang manusiapun yang mengetahui kapan datangnya hari akhir tersebut.

Hanya Allah SWT yang mengetahui dengan pasti kapan tiba datangnya hari akhir. Dengan dirahasiakannya kapan terjadinya hari akhir, mendatangkan manfaat bagi manusia, salah satunya adalah menambah keimanan kepada Allah SWT.

Lalu, apa itu hari akhir dan apa fungsi iman kepada hari akhir? Berikut adalah pengertian dan fungsi iman kepada hari akhir.

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir secara bahasa berarti percaya akan adanya hari kiamat atau hari akhir. Sedangkan secara istilah, iman kepada hari akhir berarti meyakini dan percaya bahwa akan adanya kehidupan yang kekal dan abadi di akhirat setelah kehidupan di dunia.

Sebagai umat Islam, kita dituntut untuk mempercayai dan meyakini bahwa kehidupan di dunia tidak kekal dan abadi. Kehidupan di dunia hanya bersifat sementara dan kehidupan di akhirat merupakan kehidupan yang kekal. Manusia akan mempertanggungjawabkan segala apa yang telah ia kerjakan di dunia saat berada di alam kubur. Segala perbuatan baik maupun buruk selama di dunia akan ditimbang dan manusia akan dibangkitkan dari alam kubur.

Hari akhir dapat dipahami dengan dua pengertian, pertama yaitu hari akhir diartikan sebagai hari yang paling akhir dalam kehidupan manusia dan seluruh makhluk yang ada di bumi dan akan memasuki kehidupan yang kekal di akhirat.

Kedua, hari akhir diartikan sebagai hari kebangkitan yaitu mulainya kehidupan di akhirat dengan serangakaian peristiwa yang terjadi di alam akhirat. Dalam Islam kiamat terbagi ke dalam dua jenis, yaitu kiamat kecil dan kiamat besar. Berikut penjelasan mengenai 2 jenis kiamat.

1. Kiamat Kecil

Kiamat kecil atau dalam Islam dikenal dengan istilah kiamat sughro merupakan kiamat yang ditandai dengan rusaknya sebagian lingkungan, biasa ditandai dengan terjadinya bencana alam dan terjadinya kematian pada manusia.

2. Kiamat Besar

Kiamat besar atau biasa disebut dengan istilah kiamat kubro merupakan kiamat besar yang ditandai dengan hancurnya seluruh alam semesta beserta dengan seluruh isinya.

Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

Ada banyak fungsi iman kepada hari akhir. Berikut adalah beberapa fungsi iman kepada hari akhir.
1. Menentramkan jiwa orang yang mendapat perlakukan kurang baik atau tidak adil dari orang lain.
2. Dengan adanya hari akhir, manusia menyadari bahwa hidup di dunia hanya sementara dan segala perbuatan yang telah dilakukan di dunia akan dimintai pertanggungjawabannya.
3. Manusia mengingat bahwa kehidupan dunia merupakan sawah ladang untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang baik.
4. Manusia menyadari bahwa dunia merupakan jembatan untuk menuju ke alam akhirat.
5. Dengan adanya hari akhir, manusia akan terdorong untuk melakukan amal kebaikan yang nantinya menjadi bekal untuk kehidupan di akhirat.
6. Manusia menyadari bahwa kehidupan akhirat merupakan tujuan dari setiap kehidupan manusia di dunia.
7. Mendorong manusia untuk memperbanyak amal sholeh serta menjauhi segala perbuatan yang dilarang

Incoming search terms:

  • FUNGSI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR
  • fungsi beriman kepada hari kiamat
  • fungsi hari akhir
  • mngkaji & mnymplkn fngs imn kpd hr akhr
  • percaya pada hari akhir dpt menentramkan jiwa

Tags: