Pengertian Iman Kepada Malaikat

Pengertian iman kepada malaikat adalah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam. Ada 6 rukun iman yang semuanya wajib diketahui, dipahami, dan diamalkan oleh umat islam.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Keenamnya yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada para rasul Allah, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qada dan qadar. Keenam rukun iman ini adalah pilar-pilar keimanan yang
harus dimiliki oleh umat islam.

Setiap pilarnya menjadi penopang bagi keimanan umat islam. Agar pilar-pilar tersebut kuat maka sebagai umat islam bukan hanya sampai pada tataran
mengetaui saja namun juga memahami dan mengamalkan.

Maka, untuk lebih memahami tentang rukun iman tersebut, kali ini kita akan membahas salah satunya yaitu pengertian iman kepada malaikat. Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang kedua setelah iman kepada Allah.

Sebelum lebih jauh memahami apa itu iman kepada malaikat,perlu diketahui lebih dulu apa itu iman. Iman menurut bahasa artinya “tashdiq atau membenarkan”. Sementara menurut istilah, iman artinya “keyakinan dalam hati, perkataan secara lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan dan berkurang dengan maksiat”.

Lalu, apa pengertian iman kepada malaikat? Iman kepada malaikat artinya meyakini dengan sepenuh hati dan mengatakan dengan lisan bahwa adanya malaikat ciptaan Allah SWT, dimana para malaikat tunduk dan patuh kepada perintah-Nya dalam mengurus alam semesta.

Kemudian dengan keyakinan tersebut maka seseorang yang beriman akan mengamalkan dengan anggota tubuh atau tindakan. Ada 10 malaikat yang Allah ciptakan dengan tugasnya masing-masing. Kesepuluh malaikat tersebut adalah Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Izrail, Malaikat Mungkar dan Nakir, Malaikat Rakib dan Atid, Malaikat Ridwan dan Malik.

Ketahui juga masing-masing tugas malaikat tersebut dan dalil iman kepada malaikat yang menunjukannya. Mencermati tentang pengertian iman kepada malaikat, maka kita akan tahu dan paham bahwa belumlah sempurna keimanan seseorang jika hanya meyakini saja tanpa mengamalkan.

Untuk itu, kali ini kita juga akan membahas 5 perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.

5 Perilaku yang Mencerminkan Iman Kepada Malaikat

Berikut ini merupakan contoh perilaku yang mencerminkan bahwa seseorang beriman kepada malaikat Allah. Namun, masih banyak perilaku lainnya di luar contoh-contoh berikut.

1. Bersikap rendah hati
Keimanan kepada malaikat akan mewujudkan sikap rendah hati, karena sebagai
orang yang mempercayai adanya malaikat Allah, maka kita akan memahami pula
bahwa manusia bukan satu-satunya makhluk yang diciptakan oleh Allah.

Untuk itu seseorang tidak perlu sombong dan merasa paling sempurna. Oleh karena itulah sikap rendah hati akan ada pada setiap orang yang meyakini adanya malaikat Allah.

2. Berhati-hati dalam berbuat
Malaikat Allah memiliki tugas masing-masing. Salah satunya ada yang bertugas
untuk mencacat amalam baik dan amalan buruk manusia. Dengan meyakini hal tersebut, maka seseorang akan merasa takut untuk berbuat buruk dan akan
terdorong untuk selalu berbuat baik.

Karena setiap amalan baik dan buruk yang telah dicacat kemudian akan mempengaruhi timbangan di hari akhir tentang apakah seseorang masuk surga atau neraka. Hal tersebut berkaitan dengan tugas malaikat lainnya, juga salah satu rukun iman lainnya.

3. Giat dalam berusaha
Percaya pada adanya malaikat yang memiliki tugas masing-masing maka salah satunya percaya bahwa rejeki sudah diatur. Ada malaikat yang memiliki tugas
memberi dan membagi rizki. Maka, manusia tidak perlu khawatir rejeki tertukar atau sebagainya. Sebagai manusia, kita hanya harus giat dalam berusaha.

4. Selalu berusaha dengan sikap optimis
Dengan meyakini bahwa malaikat Allah SWT ada dan memiliki tugas masing-
masing. Maka, kita pun percaya bahwa usaha tidak akan menghianati hasil.

Bersikap optimis diperlukan asal tidak sampai memunculkan sikap sombong dan takabur. Kepada orang-orang yang mau berusaha, umat islam meyakini bahwa Allah akan memberi ilmu melalui malaikat jibril.

5. Selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ilmu agama
Beriman kepada malaikat Allah, maka membuat kita semakin meyakini bahwa akan datang hari akhir dimana segala amal dan perbuatan kita akan diminta
pertanggungjawabannya.

Oleh karena kesadaran akan datangnya hari akhir, maka seseorang akan senantiasa berusaha meningkatkan keimanannya. Tentunya juga melalui cara memperdalam ilmu agama.

Setelah mengetahui pengertian iman kepada malaikat dan perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat, maka kita juga akan memahami tentang hikmah iman kepada malaikat.

Dengan beriman kepada malaikat, kita akan memiliki perilaku-perilaku yang positif bagi diri kita juga orang-orang di sekitar kita. Dari sanalah hikmah bisa kita dapatkan. Selain pengertian iman kepada malaikat, pengertian dari rukun iman lainnya juga harus diketahui, dipahami, dan diamalkan.

Kita harus selalu mengingat bahwa selalu belajar adalah salah satu wujud perilaku keimanan umat islam.

Incoming search terms:

  • iman kepada malaikat Allah
  • iman kepada malaikat
  • pengertian iman kepada malaikat menurut bahasa dan istilah
  • pengertian iman kepada malaikat
  • https://www mallardsgroups com/pengertian-iman-kepada-malaikat/
  • Jelaskan pengertian iman kepada malaikat menurut bahasa dan istilah
  • pengertian beriman kepada malaikat
  • arti iman kepada malaikat
  • jelaskan pengertian iman kepada malakat
  • iman kepada maliakat