Perbedaan Perhiasan Titanium dan Perak

1 min read

Perbedaan Perhiasan Titanium dan Perak – Logam titanium dan perak merupakan jenis logam yang umum digunakan oleh manusia. Salah satu penggunaan logam tersebut adalah dibuat menjadi perhiasan.

Perbedaan Perhiasan Titanium dan Perak

Biasanya banyak orang awam yang sulit membedakan antara perhiasan platinum dan perak ini karena warnanya yang hampir sama. Baik platinum maupun perak mempunyai warna putih keabu – abuan dan berkilau.

Bagi Anda yang akan memberli perhiasan baik platinum maupun perak mungkin perlu menyimak beberapa tips berikut untuk membedakan antara perhiasan platinum dan perak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan perbedaan perhiasan titanium dan perak :

Bedakan dari Labelnya

Setiap perhiasan tentu akan memiliki labelnya tersendiri, setiap logam pembuatnya memiliki label yang berbeda. Sebagai contohnya bila Anda memberli perhiasan yang memiliki label “PT” atau “PLAT” maka perhiasan tersebut merupakan platinum. Sedangkan bila label pada perhiasan tertulis “S925” maka perhiasan tersebut memiliki kandungan perak sebanyak 92,5%.

Bedakan dari Beratnya

Selain dari perbedaan label, Anda juga dapat membedakan perhiasan platinum dan perak dengan menggunakan beratnya. Dalam volume yang sama maka logam platinum mempunyai berat setengah dari berat logam perak, begitu pula ketika dijadikan perhiasan. Namun harus diperhatikan bahwa dalam hal ini kedua logam belum tercampur dengan logam lain.

Bedakan dari Penampilan Luarnya

Kita juga dapat melihat perbedaan platinum dan perak dengan melihat penampilan luarnya, logam platinum merupakan logam keras yang berwarna putih berkilau dengan sedikit gradasi keabu-abuan yang biasanya tidak memiliki goresan. Berbeda dengan perak yang memiliki tekstur lebih halus dengan warna putih cerah, namun perak juga mudah berubah warna menjadi putih keabu – abuan atau kehitaman bila teroksidasi.

Bedakan dengan Metode Pembakaran

Cara ini mungkin tidak dapat kita lakukan, karena untuk menguji platinum kita membutuhkan panas hingga 1.770 derajat celcius yang merupakan titik lebuh platinum. Jadi dalam panas yang tinggi logam platinum tidak akan mudah berubah warna tidak seperti perak yang akan berubah menjadi hitam atau merah bila dipanaskan tergantung dari kandungan perak pada perhiasan tersebut.

Bedakan dengan mengukur kekerasannya

Untuk melakukan cara ini lebih baik Anda menggunakan alat ukur kekerasan atau Hardness Tester. Karena termasuk dalam logam yang keras maka platinum tentu akan menunjukkan nilai kekerasan yang lebih tinggi dibandingkan perak.

Demikian adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui perbedaan perhiasan titanium dan perak. Setelah kita tahu perbedaan antara perhiasan titanium dan perak tentu kita dapat lebih bijak dalam memilih perhiasan tersebut.

Incoming search terms:

  • perbedaan titanium dan perak

Cara Mengetahui Kualitas Tinta

Cara Mengetahui Kualitas Tinta – Printer merupakan salah satu perangkat pendukung komputer atau laptop yang digunakan untuk berbagai keperluan mencetak. Bagi Anda yang bekerja...
akubeni1
1 min read

Busi Iridium

Kelebihan Busi Iridium – Untuk Anda pecinta otomotif baik motor maupun mobil bahkan bagi orang awan sekalipun pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen...
akubeni1
1 min read

Coklat Yang Mengandung Babi

Coklat Yang Mengandung Babi – Apakah Anda orang yang suka memakan coklat? makanan manis yang diolah dari biji kakao ini memang mempunyai banyak pecintanya....
akubeni1
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *