Perbedaan Suhu dan Panas

Perbedaan Suhu dan Panas – Panas dan suhu merupakan dua istilah dalam bidang fisika dan kimia yang tentunya sudah sangat akrab untuk kita dengarkan. Kedua konsep ini merujuk pada keadaan fisik yang sama dari sebuah objek tetapi berbeda satu sama lain dalam banyak hal dan orang menggunakan istilah bergantian yang keliru.

Perbedaan Suhu dan Panas

Bila suatu benda memiliki suhu yang semakin meningkat tentu panasnya juga akan semakin meningkat. Namun perlu diperhatikan ada beberapa perbedaan diantara keduanya, untuk memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang energi dari sebuah objek.

Perbedaan antara Suhu dan Panas

Panas

Panas sendiri merupakan energi total yang dikandung oleh suatu benda, energi ini mencakup energi potensial maupun energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang tersimpan sementara energi kinetik yang terjadi akibat adanya energi bergerak atau benda tersebut bergerak, kedua energi ini mempunyai satuan Joule (J).

Suhu

Sedangkan suhu merupakan ukuran energi kinetik dari molekul suatu benda dan angka yang ditunjukan saat pengukuran suhu merupakan angka yang berhubungan dengan energi tetapi bukan energi itu sendiri. Angka tersebut merupakan angka dalam satuan suhu yaitu Kelvin, Fahrenheit dan Celcius yang ditunjukan pada termometer.

Jadi, panas merupakan energi yang dialirkan ke suatu benda dan merupakan ukuran dari semua energi yang dimiliki benda tersebut, berbeda dengan suhu yang merupakan ukuran energi kinetik dari molekul suatu benda saja.

Baca Juga : Cara Mengukur Suhu Tubuh

Suhu memiliki sifat yang intensif, sedangkan panas sifatnya jauh lebih lebih luas. Untuk lebih jelasnya akan diberikan sebuah contoh sebagai berikut : bila suhu air mendidih adalah 100 derajat celcius, maka suhu tersebut akan tidak berubah walaupun kita merebus 50 bahkan 100 liter air sekalipun.

Baca Juga : Suhu Normal Kamar Tidur

Akan tetapi panas yang dibutuhkan untuk merebus air 1 liter hingga mendidih berbeda dengan air 50 bahkan 100 liter hingga mendidih. Semakin banyak air yang direbus tentu membutuhkan panas yang lebih pula.

Untuk mengukur panas kita dapat menggunakan rumus berikut :

Q = CMT

Dimana :

Q adalah panas
C adalah kapasitas panas
M adalah massa
T adalah suhu

Jadi dari penjelasan singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa :

1. Baik panas maupun suhu merupakan sifat fisik dari suatu benda

2. Panas merupakan bentuk energi dari suatu benda, sedangkan suhu merupakan ukuran seberapa panas benda tersebut

3. Hubungan suhu dan panas benda adalah berbanding lurus, oleh karena itu saat panas dialirkan ke suatu benda maka suhu benda juga ikut meningkat

Baca Juga : Perbedaan Suhu dan Kalor

Tags: