Santan Kelapa Untuk Kulit

Santan Kelapa Untuk Kulit – Santan kelapa merupakan cairan yang menyerupai susu namun dari bahan alami, yaitu kelapa. Santan biasanya digunakan untuk membuat masakan, namun ternyata santan kelapa juga dapat digunakan untuk perawatan kulit.

Santan Kelapa Untuk Kulit
Santan Kelapa Untuk Kulit

Santan yang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti kalori, lemak omega 3 dan omega 6, kalsium, vitamin B, C, E, dan juga mineral seperti zat besi, fosfor, kalium, dan magnesium.

Beberapa masalah pada kulit memang mengganggu, terutama masalah pada kulit wajah. Beberapa masalah tersebut dapat daiatasi menggunakan santan kelapa. Menggunakan santan untuk kulit juga harus diperhatikan, sesuai dengan masalah kulit yang dialami.

Untuk mengatasi masalah kulit tersebut perlu diketahui apa saja yang bermasalah pada kulit. Dengan mengerti masalah apa yang diderita, maka penggunaan santan dapat dilakukan dengan mengetahui beberapa caranya. Untuk lebih lanjut, dapat memperhatikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhakan masalah berikut :

  • Kulit kering

Keadaan kulit, dimana kulit kekurangan kelembaban sehingga menjadi kering, dan mengelupas. Biasanya kulit yang kering mengganggu, maka dari itu upaya untuk melembabkan kulit dilakukan.

Dengan menggunakan santan yang dicampur dengan bubuk cendala lalu oleskan dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah kering, baru bilas hingga bersih. Selain cara itu, dapat menggunakan santan kental yang dioleskan sambil dipijat. Lalu diamkan 15 menit dan dibilas. Kedua cara tersebut membantu melembabkan kulit. Untuk mengukur kelembaban kulit, dapat menggunakan moisture meter.

  • Kulit sensitive

Kulit yang sensitive biasanya menyebabkan kulit menjadi mudah bermasalah, salah satunya adalah gatal. Untuk mengatasi kulit yang sensitive dapat menggunakan campuran santan dan bubuk cendana. Oleskan secara merata ke kulit yang gatal, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

  • Pori pori besar

Untuk mengecilkan pori pori yang besar, dapat menggunakan santan kelapa. Membuatnya cukup mudah, dengan mencampur satu cangkir garam halus, 1 ½ sendok makan minyak kelapa dan santan kelapa. Lalu aduk hingga rata, setelah itu scrub dapat digunakan.

  • Kulit keriput

Kulit yang keriput pasti tidak lembut. Untuk membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kelembutan kulit, dapat menggunakan campuran santan bubuk kunyit. Dengan satu mangkok santan dan ¼ sendok bubuk kunyit yang dioleskan ke area wajah dapat membantu menjaga kelembutan kulit.